close house1 Kandang Close HousePerkembangan dunia perunggasan di bidang peternakan merupakan yang terdepan jika dibandingkan dengan komoditas lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya permintaan akan daging ayam broiler dan telur. Sejalan dengan itu penerapan teknologi yang ditujukan untuk peningkatan efisiensi dalam pemeliharaan juga telah banyak diterapkan.

Teknologi yang menguntungkan sejauh ini telah diterapkan padaclosed house system (sistem kandang tertutup).

Closed house system dibuat dengan tujuan agar faktor lingkungan seperti panas, cuaca, angin hujan dan sinar matahari tidak berpengaruh banyak saat pemeliharaan. Berikut ini adalah keuntungan closed house system :

1.      Meningkatkan kapasitas pemeliharaan.

2.      Ayam lebih sehat, nyaman, segar dan tenang.

3.      Sirkulasi udara lebih baik

4.      Mendukung produktivitas maksimal

5.      Efisiensi tenaga kerja.

6.      Temperatur dapat dikontrol sesuai dengan kebutuhan pemeliharaan.

7.      faktor lingkungan tidak berperan banyak saat pemeliharaan

Hampir dikatakan tidak ada kontak dengan faktor lingkungan selama pemeliharaan, didalam sistem kandang tertutup ventilasi memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga temperatur dan kelembapan udara di dalam kandang.

Berikut ini merupakan fungsi ventilasi pada closed house system :

1.   Menghilangkan panas.

2.   Menurunkan kelembapan udara.

3.   Mengurangi debu.

4.   Menurunkan kadar gas beracun di dalam kandang seperti gas ammonia, karbondioksida maupun karbonmonoksida.

5.    Menyediakan oksigen.

Sistem ventilasi pada closed house tergantung dari jenis kipas(fan) yang digunakan. Cara kerja fan itu sendiri dibagi menjadi dua cara, yaitu mendorong udara masuk dan menyedot keluar.

Cara kerja fan model pertama adalah udara mengalir ke dalam akan menyebabkan takanan positif sehingga sifat ini disebut dengan system positif (positive pressure system).

Cara kerja fan model kedua adalah udara mengalir dari dalam kandang menuju ke luar akibat adanya daya sedot fan, sehingga terjadi tekanan negative. Cara kerja fan ini biasa disebut dengan sifat negative (negative pressure system).

Penegasan peningkatan efisiensi dan produktivitas yang bisa diraih melalui penggunaan kandang tertutup –biasa dikenal dengan closed house— dibandingkan dengan kandang terbuka antara lain dikemukakan Stefan’s Julius, Divisi Poultry Equipment PT Charoen Pokphand Indonesia. Kepada TROBOS ia menyajikan fakta aplikasi kandang tertutup untuk breeder (ayam bibit) atau broiler, dengan luasan kandang yang sama bisa menampung ayam lebih banyak. “Populasi bisa ditingkatkan hingga 66 %,” sebut Stefan’s.

Ditemui terpisah, Deddy Kurnia, General Manager Gemilang Poultry lebih rigid menyebut angka kapasitas tampung dengan sistem tertutup memungkinkan ditingkatkan menjadi 10 ekor/ m2. Bahkan bisa 18 ekor/m2 apabila aplikasinya full automatic closed house. Sementara kapasitas tampung yang biasa diistilahkan sebagai density (kepadatan) ini, pada kandang terbuka menurut Deddy tak lebih dari 8 ekor/m2.

Konsep Ventilasi pada Kandang Ayam (tunnel ventilation)

Secara umum pengertian ventilasi bisa di artikan sebagai sebuah pengondisian udara yang ditentukan pergantian udaranya untuk mencapai sebuah pengkondisian udara yang diinginkan terhadap suatu ruangan.

Point dasar dari pengondisianya :

- Memasukan udara segar kedalam sebuah ruangan, dan mengeluarkanya.- Membuang udara panas, Amoniak dan menghidari udara yang diam di dalam ruangan- Mengkondisikan temperature yang nyaman (Chilling Efec)

Tahapan :

- Tentukan Volume Ruang/ kandang- Tentukan Berat maksimal Hidup Ayam- Tentukan Spesifikasi Kipas/Fan yang akan di gunakan untuk memenuhi kreteria di atas dibutuhkan jenis fan sbb:

1. Exhause Fan dengan kapasitas udara 37.400 m3/jam pada 30 Pa

Contoh sederhananya:

P X L X T = 100 X 12 X 2.5 meter = 3000 m3 adalah volume ruang, tentukan kecepatan udara yg diinginkan, misalnya 2,7 m/detik sama dengan volume udara yang harus di ganti = 291.600 m3/jam dibagi dengan kapasitas Exhause Fan seperti diatas, jadi jumlah Fan yang dibutuhkan adalah: 8 Fan.

Dengan perhitungan sederhana tadi dapat juga ditentukan bukaan penampang inlet udara masuk, kebutuhan Cooling Pad. kesimpulanya dengan perhitungan tersebut dapat menjadi acuan perhitungan biaya (investasi) untuk kandang close house (sistem tertutup).

Sumber :  http://www.facebook.com/groups/131154676801/doc/10150635438791802/